Monday, May 10, 2010

.rains.

saya terkesan dengan tazkirah ringkas yg disampikan oleh tuan pengarah sewaktu assembly tadi..
terasa dekat sangat dengan diri ini
ya!
bila direnung-renungkan kembali..
di manakah tahap saya?

tahap pertama.
dapat ilmu. ambil. manfaat dan tempiasnya juga akan diperoleh oleh orang lain.

tahap ke dua.
dapat ilmu. x begitu ambil manfaat tetapi mampu memberi sedikit perkongsian kepada orang lain dengan menyebarkannya.

atau tahap ke tiga.
umpama tanah yang tidak mampu menakung air, x subur + x sihat.
menolak ilmu dan hidayah ALLAH, malah langsung x memberi manfaat kepada orang lain.

Dari Abu Musa ra, dia berkata : Nabi SAW bersabda :
"Sesungguhnya perumpamaan ilmu dan hidayah yang aku bawa seperti air hujan yang menimpa bumi. Di antara bumi ini ada yang kelompok yang baik, dia menerima air lalu menumbuhkan rumput yang banyak, di antaranya juga ada yang gersang (cadas), dia bisa menahan (menadah) air, sehingga bisa dimanfaatkan oleh manusia, manusia bisa minum, mengairi (tanaman) dan bisa menggembala. Dan air hujan itu juga mengenai bagian bumi yang lain yaitu lembah yang tidak bisa menahan air dan tidak bisa menumbuhkan rumput. Itulah perumpamaan orang yang paham tentang agama Allah (Islam), dia mendapatkan manfaat dari apa yang aku bawa, dia tahu lalu mengajarkannya. Dan perumpamaan orang yang tidak memperdulikannya sama sekali dan tidak menerima hidayah dari Allah yang aku bawa."
(HR. Bukhari- Muslim)

renung-renungkan dan selamat beramal.

No comments:

Post a Comment

inspiring words